Tips Berkendara Saat Hujan.



Bukan hanya banjir, musim hujan pun bisa mengundang bahaya di jalan raya. Hal ini akibat jalanan yang menjadi lebih licin, belum lagi lubang-lubang—yang baru bermunculan karena tingginya curah hujan—yang tak terlihat karena tertutup genangan air. Karena itu, penting untuk mengetahui cara aman berkendara di tengah hujan berikut ini.

Waspada saat 30 menit pertama

Permukaan jalan menjadi tidak kondusif disebabkan oleh jalanan yang tadinya tidak basah, menjadi basah. Selain itu, ini juga disebabkan oleh lumpur dan minyak yang sebelumnya sudah mengering, kemudian basah terkena air hujan, itulah mengapa lapisan jalan menjadi sangat licin di 30 menit pertama turunnya hujan.


Kurangi kecepatan

Mengurangi kecepatan ketika berkendara saat hujan adalah hal yang wajib dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jalanan menjadi sangat licin di saat hujan yang bisa saja membuat ban tergelincir atau slip. Supaya hal itu tidak terjadi, kemudikanlah dengan kecepatan rendah.

Kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah akan membuat alur ban bersentuhan langsung dengan aspal—yang tentunya akan membuat daya cengkram ban menjadi sangat baik.

Jaga jarak aman berkendara

Jarak aman saat cuaca normal adalah sekitar 2 detik dari kendaraan yang ada di depannya. Saat hujan, buat jaraknya menjadi lebih jauh dua kali lipat, yaitu sekitar 4 detik dari kendaraan yang ada di depan.


Bukan hanya membutuhkan waktu untuk mengerem, terkadang pandangan kita sebagai pengendara pun kurang jelas—ditambah kondisi jalan yang telah rusak akibat musim hujan. Kondisi ini membuat kita tidak siap untuk mengerem secara mendadak.

Aman atau tidaknya berkendara banyak bergantung terhadap kondisi jalan. Entah itu jalan yang tidak rata—sehingga timbul genangan, atau mudah rusak hingga berlubang karena tinggnya curah hujan.

Maka dari itu penggunaan paving block PT Conbloc Internusa amat dianjurkan untuk mencegah bahaya tersebut. Sebab selain kuat dan tahan lama, paving blockkami juga mampu membantu mengalirnya air ke saluran sehingga jalan terhindar dari genangan.


Jl. Kedoya Angsana Raya Blok 2 No. 2 DKI Jakarta 11520

021 580 3043