Faktanya, Kantong Plastik Diciptakan untuk Menyelematkan Bumi

Tidak ada yang salah dengan judul di atas. Memang awalnya kantong plastik dicipatakan untuk membantu menyelamatkan planet ini, namun semua berubah ketika kemalasan melanda. Alih-alih menggunakannya berulang kali, kita malah terbiasa membuangnya hanya dalam sekali pakai. Di samping banyaknya stigma yang melekat belakangan ini, kantong plastik justru diciptakan dengan tujuan menggantikan kantong berbahan kertas.

Kantong plastik dikembangkan sebagai alternatif dari kantung kertas—yang produksinya harus mengorbankan hutan. Sten Gustaf menawarkan produk berdaya tahan lebih lama, yang berarti dapat digunakan berulang kali—lebih dari yang mampu ditangani oleh kantong kertas.


Putra penemu kantong plastik mengatakan kepada media: "Bagi Ayah saya, gagasan bahwa orang-orang hanya akan membuangnya setelah sekali pakai itu sangat aneh. Dia selalu membawa kantong plastik di sakunya. Dan sekarang, apa yang dihimbau orang-orang kepada anda? membawa tas Anda sendiri untuk berbelanja. Ayah saya sudah melakukan ini di tahun 70-an dan 80-an, secara wajar tanpa himbauan, karena, yah, mengapa tidak?"

Insinyur Swedia Sten Gustaf Thulin menciptakan mereka pada tahun 1959 silam

Para ahli mengatakan bahwa kantong plastik bisa menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada kertas ataupun kapas. Namun, alternatif untuk kantong plastik belum tentu lebih ramah lingkungan di mana bahan kertas dan tas katun secara teknis akan mengurangi limbah, bahan tersebut juga memiliki dampak penting terhadap lingkungan.


Badan Lingkungan Inggris menyarankan bahwa kantong kertas harus digunakan setidaknya tiga kali untuk menjadi "hijau"—mengimbangi proses daur ulang kantong plastik. Ini karena memproduksi kantong kertas membutuhkan lebih banyak energi dan air sementara mereka juga lebih berat daripada kantong plastik, yang membuatnya lebih mahal untuk diangkut. Sedangkan untuk tas katun - mereka harus digunakan setidaknya 131 kali agar ramah lingkungan seperti kantong plastik.

Satu hal yang dapat dipelajari, bahwa barang atau sesuatu yang mampu bertahan lama memang dibuat dengan tujuan untuk menghindari produksi masif dan berulang. Tak lain dengan produk dari Conbloc Internusa dan Flexitile, sifatnya yang kuat dan mampu bertahan lama menjadikannya pilihan tepat bagi anda yang ingin turut menyelamatkan bumi. Yang tak kalah penting, bagi anda yang rentan akan kemalasan paving block produksi Conbloc Internusa dan keramik lentur dari Flexitile merupakan produk yang sangat mudah dibersihkan.


sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=VuBwiWRNhvo

Jl. Kedoya Angsana Raya Blok 2 No. 2 DKI Jakarta 11520

021 580 3043