Coronavirus: Apa yang Harus Diketahui dan Dilakukan Orang Tua untuk Anak



Rasa khawatir sebagai orang tua tentang keselamatan anak merupakan hal wajar terlebih ketika berita tentang coronavirus mulai membanjiri berita. Fakta bahwa banyaknya ketidaktahuan adalah faktor utama yang membuatnya menakutkan. Namun ada beberapa hal yang kita ketahui—mengenai virus ini dan jenis virus lainnya—yang dapat membantu kita menjaga anak tetap aman dan sehat.


Catatan: Kami asumsikan Anda dan keluarga belum melakukan perjalanan baru-baru ini ke daerah di mana terdapat kasus-kasus coronavirus, atau memiliki kemungkinan paparan lain. Jika itu masalahnya, Anda harus segera menghubungi dokter untuk meminta nasihat.


Jangan panik jika ada anggota keluarga atau orang terdekat Anda mengalami batuk dan demam. Gejala tersebut jauh lebih mungkin pertanda flu atau influenza, daripada coronavirus.


Faktanya, Setiap tahunnya influenza menginfeksi jutaan orang dan sudah membunuh ribuan orang. Setiap tahun, dokter dan pejabat kesehatan masyarakat berbicara tentang bagaimana agar Anda dan orang yang Anda cintai tidak terserang flu. Tindakan pencegahan tersebut juga dapat membantu Anda tetap aman dari coronavirus, karena tampaknya kedua penyakit ini menyebar dengan cara yang serupa.



Pastikan semua orang mencuci tangan! Mencuci menggunakan sabun dan air selama 20 detik (kira-kira selama satu lagu Alfabet). Anda bisa juga menggunakan pembersih tangan namun pastikan Anda menyemprotkannya dengan benar, semprotkan ke seluruh tangan termasuk di sela jari-jari. Cuci tangan sebelum makan atau mengemil, setelah berada di tempat umum, dan di sekitar siapa pun yang sedang atau mungkin sakit.


Dorong kebiasaan sehat, seperti makan makanan yang sehat, berolahraga, dan cukup tidur. Ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak tetap kuat.



Pastikan anak Anda telah menerima vaksin flu. Flu ini jauh lebih umum—dan juga bisa sangat berbahaya.


Selain menjaga dari dalam, faktor luar juga sangat penting. Penggunaan paving block sebagai perkerasan jalan lingkungan dan Flexitile sebagai pelapis dinding hunian Anda bisa menjadi solusi—mengingat permasalahan cat dinding yang mudah mengelupas atau rontok dan jalan yang menyebabkan polusi debu yang tentu tak sehat bagi kita.


sumber: https://www.health.harvard.edu/blog/coronavirus-what-parents-should-know-and-do-2020020518846

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Jl. Kedoya Angsana Raya Blok 2 No. 2 DKI Jakarta 11520

021 580 3043