Mengapa Air Keran dan Sambal Bisa Menunjukkan Hasil Positif Tes Covid-19?

Belum lama ini sempat menyebar video-video yang menunjukkan hasil tes covid positif ketika menguji alat tes tersebut dengan berbagai macam cairan lengkap dengan kesimpulan-kesimpulan di akhir video.

Pertama seorang satpam yang mengujinya dengan air keran, kemudian seorang kader salah satu partai di Austria mencoba dengan minuman bersoda (Coca-Cola), hingga seorang selebriti tanah air mencobanya dengan sambal.

Eksperimen ugal-ugalan Rina Nose ini sempat dikomentari dr. Arina Heidyana melalui artikel yang dipublikasikan di situs kesehatan Klikdokter pada 24 Desember 2020. Menurut dr. Arina alat tes rapid antigen dirancang untuk menguji adanya virus SARS-CoV-2, penyebab COVID-19, melalui swab nasofaring. “Membran nitroselulosa alat pemeriksaan itu kan rapuh. (Lalu) dikasih sambal cireng, ya bisa rusak. Makanya bisa timbul positif palsu,” jelas dr. Arina.


Selanjutnya, ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dr. Tonang Dwi Ardyanto menjelaskan hasil positif pada alat tes rapid antigen juga bisa muncul jika kandungan derajat keasaman atau pH pada sampel uji sesuai. Dikutip dari Kompas.com, "Jadi persoalannya ada pada pH. Ada batas pH yang pas untuk pemeriksaan tersebut," jelasnya pada Kompas.com (26/12/2020).


"Tes kehamilan itu kalau ditetesi sembarang cairan juga (hasilnya) positif. Itu namanya penggunaan (alat tes) tidak pada tempatnya," lanjut Tonang.


Kesimpulan

Berdasarkan tanggapan para ahli di atas menunjukkan bahwa video atau dokumentasi yang tersebar bersifat salah dan menyesatkan. Alat uji rapid antigen harus dilakukan dengan uji sampel yang tepat dan sesuai petunjuk penggunaan produk agar hasil tes dapat dipertanggungjawabkan.


Tak hanya soal alat tes, memang sepatutnya kita selalu mengedepankan untuk membaca atau melakukan riset terhadap apapun yang kita gunakan. Contoh lain adalah riset tentang menggunakan pelapis dinding yang aman bagi sekitar. Flexitile merupakan pilihan terbaik karena selain teksturnya yang menyerupai batu alam, bahan alami, serta beratnya yang ringan menjadikan Flexitile sebuah solusi tepat demi keamanan dan kenyamanan bersama.



Sumber:

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9DX4PC-2

https://www.poynter.org/?ifcn_misinformation=tap-water-tested-positive-for-covid-19

https://tirto.id/mengapa-uji-tes-covid-19-dengan-air-keran-bisa-positif-gh4L

Featured Posts