Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental saat Harus Berdiam di Rumah

Kiat-kiat untuk menjaga kesehatan memang sudah lama banyak beredar, seperti makan diet seimbang, berolahraga, dan tidur yang cukup. Namun, selama masa pandemi COVID-19, hal tersebut menjadi sangat penting terlebih di saat kita harus tetap di rumah.

Bagaimana Anda bisa makan dengan benar saat Anda hidup dengan makanan yang banyak mengandung pengawet? Bagaimana Anda bisa berolahraga ketika Anda terkurung di rumah?

Panduan yang didukung pakar ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Inilah cara untuk tetap sehat (dan tenang) sambil menjaga jarak sosial dan fisik selama wabah COVID-19.


Nutrisi

Carmen Byker Shanks, profesor sistem pangan, nutrisi, dan berkelanjutan di Montana State University, mengatakan sementara kebanyakan orang akan langsung membeli makanan kaleng, padahal ini sebenarnya waktu yang tepat untuk membeli produk yang segar. "Beli buah-buahan dan sayuran, potong-potong dan masukkan ke dalam freezer, dengan begitu bahan makanan bisa digunakan selama berbulan-bulan mendatang,". Sayuran dengan karbohidrat yang tinggi juga sangat disarankan untuk dibeli dan disimpan di luar lemari pembeku.

Jika Anda terpaksa membeli makanan kaleng, kering, atau beku, pilih yang rendah lemak jenuh, garam, dan gula tambahan. Carilah makanan dengan kurang dari lima gram tambahan gula per sajian, kurang dari 200 miligram garam per sajian dan kurang dari 1,5 gram lemak jenuh per sajian, Byker Shanks menjelaskan.


Kebugaran

Anda mungkin tidak dapat pergi ke gym, tetapi tidak apa-apa untuk berjalan, berlari, atau bersepeda di luar, selama Anda menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain dan langsung mandi dan mencuci bersih tangan anda sesampai di rumah, kata Dr. Jennifer Lee, asisten profesor klinis kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di Penn Medicine. Banyak juga gym dan instruktur kebugaran yang menawarkan kelas virtual saat ini, tambahnya.


Ada banyak gerakan olahraga tanpa membutuhkan peralatan—seperti squat, burpee, sit-up, plank, push-up, dll. Anda dapat melakukannya bahkan di ruang kecil sekalipun. Brabec merekomendasikan memilih lima latihan, melakukan masing-masing selama satu menit, kemudian ulangi tiga hingga lima kali.


Melakukan aktivitas di sekitar rumah lebih baik daripada tidak sama sekali. Aktiflah selama wabah #COVID19 untuk menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot, dan fleksibilitas Anda dan baik untuk kesehatan mental.


Stress

Paparan yang berlebihan terhadap berita dan kekacauan menimbulkan banyak kecemasan Dia juga merekomendasikan, sebisa mungkin, memisahkan area pekerjaan dan kebugaran, untuk secara mental memisahkan beberapa kepentingan di keseharian Anda.

Seimbangkan waktu sunyi itu dengan interaksi sosial yang aman, karena kesepian dapat menambah masalah kesehatan mental dan fisik. "Menggunakan FaceTime dan semacamnya ... [dapat membantu Anda] merasa tidak sendirian ketika berada di rumah," kata Lee.


Semoga artikel di atas dapat membantu anda dalam menjalani masa yang buruk ini dan jangan lupa untuk tetap rajin mencuci tangan anda walau hanya berdiam di rumah.


sumber:

https://time.com/5804130/covid-19-social-distancing-wellness/

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Jl. Kedoya Angsana Raya Blok 2 No. 2 DKI Jakarta 11520

021 580 3043