Tahun Baru 2021: Resolusi Realistis di Masa Krisis

Awal tahun adalah saat di mana—setidaknya menurut American Psychological Association sebanyak 93%—orang membuat resolusi tahun baru. Resolusi yang paling umum dibuat yaitu menurunkan berat badan, makan lebih sehat, berolahraga teratur, dan menghemat uang.


Namun, penelitian menunjukkan bahwa 45% orang gagal memenuhi resolusi mereka pada bulan Februari, dan hanya 19% yang mempertahankannya selama dua tahun. Kurangnya kemauan atau pengendalian diri adalah alasan utama untuk tidak meneruskannya.


Dengan statistik di atas ditambah apa yang telah kita alami di tahun 2020, akan lebih bijak ketika kita menjadi realistis dalam membuat resolusi.


Buat hanya satu resolusi saja

Begitu Anda mampu menyelesaikannya, Anda akan mudah terbawa suasana; mengapa hanya menurunkan berat badan, saat Anda juga ternyata bisa berhenti merokok, membaca lebih banyak buku, menghemat uang? Masalahnya, daftar resolusi yang panjang akan membuat upaya Anda berubah menjadi tidak jelas. Energi Anda tersebar yang berujung tidak mencapai apapun. Lebih baik fokus pada satu hal, dan lakukan.

Target sederhana lebih baik daripada target besar

Jangan memberatkan resolusi Anda dengan hal besar seperti "menulis buku" atau "menurunkan berat badan 10 kilogram." Buatlah menjadi "tulis proposal buku" atau "turunkan 2 kilogram". Gagal mencapai tujuan dapat menurunkan motivasi, tetapi memenuhi target yang lebih sederhana seringkali mendorong kita untuk terus maju.

Fokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan

Apa pun perubahan yang anda hendak dikejar, jadikan ini mantra Anda. Ketika Anda melakukan kesalahan (kurang optimal atau melewatkan jadwal) maafkan diri Anda kemudian lanjutkan proses. Yang terpenting adalah terus maju. Kemajuan yang dirasakan secara inheren mampu memberikan kita motivasi. Memang bukan kemenangan besar; namun tetap itu adalah sebuah kemenangan.


Buat lingkungan yang mendukung

Lingkungan baru mampu menegaskan bahwa ini adalah diri Anda yang baru. Tidak perlu perubahan besar nan sulit, cukup mengganti permukaan dinding Anda dengan Flexitile atau mengubah tampilan halaman Anda dengan paving Conbloc sudah mampu menghadirkan suasana baru yang dapat memotivasi Anda menjadi pribadi yang baru.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada tahun ini dan apa yang akan mempengaruhi resolusi yang telah kita buat. Yang jelas resolusi “ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman tidak berjalan dengan baik di tahun lalu. Tapi di sini kita semua berharap bisa berada di tempat yang lebih baik pada tahun 2021 ini.


Featured Posts